Buffon Salahkan Mancini Atas Kegagalan Italia Ke Piala Dunia

By ommed


nusakini.com - Penjaga gawang legendaris, Gianluigi Buffon, merasa Roberto Mancini adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kegagalan timnas Italia ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Italia secara mengejutkan dipermalukan Macedonia Utara 1-0 pada semi-final play-off di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Maret lalu.

Dengan hasil ini, juara Eropa Italia gagal mencicipi putaran final Piala Dunia dalam dua edisi berentet.

Empat tahun lalu, Italia arahan Giampiero Ventura gagal melangkah ke Piala Dunia 2018 di Rusia juga setelah tersingkir di play-off, tapi dengan lawan berbeda yakni Swedia.

“Mancini adalah arsitek utama dari kelahiran kembali timnas Italia, dengan kejayaan di Euro 2020. Namun, dia juga memiliki tanggung jawab atas pukulan telak yang kami terima,” ucap Buffon kepada media Italia, La Stampa, Kamis (14/4).

“Tidak ada yang akan mengatakan apapun jika Italia tersingkir melalui adu penalti dari Portugal, tapi setelah kalah dari Macedonia Utara, jauh lebih sulit untuk memulai lagi,” tambahnya.

Buffon mencatatkan 176 caps di timnas Italia hingga 2018. Pilar Azzurri juara Piala Dunia 2006 itu belum menyatakan pensiun dari tugas internasional dan mengaku akan menyambut dengan senang hati jika dipanggil kembali ke timnas.

Adapun Buffon masih terikat kontrak dengan Parma di Serie B dan baru-baru ini telah memperpanjang masa baktinya di Gialloblu hingga 2024, ketika sang kiper akan berusia 46 tahun! (gi/om)